Makro Murah Meriah tapi Susah

Mengambil gambar makro dengan lensa makro sudah biasa. Tetapi mengambil gambar makro dengan lensa bukan makro itu tidak biasa. Hanya biasa bagi orang yang tak terbeli lensa makro ..... seperti saya :p.

Membuat lensa bukan makro menjadi lensa "semi" makro cukup mudah dan murah meriah tinggal pake reverse ring atau extension tube. Harganya sekitar 50 ribuan buat reverse ring dan sekitar seratus ribuan buat extension tube. Akan tetapi jangan harap cara mengunakannya semudah kita membelinya. Kita kudu maju mundur buat ngatur fokusnya. Soalnya kalo pake alat ini , kamera kita jadi full manual focus (MF).

Setelah memesan extension tube dari sini, dan "dipetieskan" cukup lama. Akhirnya punya kesempatan dan kemauan juga buat nyoba-nyoba foto makro pake extension tube tersebut. Males nyari foto serangga dan bulir-bulir air yang bening, serta matahari yang tak kunjung bersinar cerah. Akhirnya foto seadanya, yang ada disekitar kita. Meskipun demikian fokusnya masih belum kena juga (arggggh... susah).

tools: Canon EOS 450D+ekstension tube(use ring 3 only)+lensa Canon 50 mm f/1.8 II
object: helai-helai bunga yang akan layu (merana sekali nasibmu wahai bunga)







tools: Canon EOS 450D+ekstension tube(use ring 3 only)+lensa zoom Canon EF-S 18-55 mm f/3.5-5.6
object: Kapsul minyak Habbatussauda




Dari hasil jeprat-jepret seadanya saya punya kesimpulan bahwa menggunakan ekstension tube plus lensa zoom Canon EF-S 18-55 mm f/3.5-5.6 jauh lebih mudah untuk memfokuskan objeknya dibandingkan dengan menggunkan lensa Canon 50 mm f/1.8 II.Tapi kalo untuk mengejar "bokeh" nya Canon 50 mm f/1.8 II tetap lebih baik. []

0 comments:

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template