Membuat Video dengan Canon EOS 1000D dan 450D

Bermula dari obrolan di fotografer.net mengenai pertanyaan tentang ada atau tidaknya video di Canon EOS 1000D yang jelas jelas tidak memiliki fitur untuk merekam video maka timbul pertanyaan bagaimana caranya untuk mengakali supaya kamera dslr entry level Canon ini dapat digunakan sebagai video recorder. Seperti telah diketahui, fitur untuk video recorder pertama kali muncul pada Canon EOS 500D yang kemudian disusul oleh versi versi setelahnya seperti Canon EOS 7D. Dari forum tersebut, usut punya usut, ternyata memang ada cara untuk merekam video dengan menggunakan canon EOS 1000D . Hal ini tentu saja sangat menggembirakan bagi para pemakai Canon EOS 1000D yang belum "memiliki kesempatan" untuk upgrade kamera ke Canon EOS 500D atau setelahnya.

Berterimakasihlah kepada laki-laki Rusia, Alexey Chernov, yang telah mengembangkan software yang memungkinkan kita untuk merekam video dengan Canon EOS 1000D. Bahkan tidak hanya untuk EOS 1000D saja akan tetapi semua versi Canon EOS yang memiliki fitur live view dapat digunakan sebagai video recorder. Dengan kata lain kita dapat menggunakan Canon EOS 450D, Canon EOS 1000D, Canon 40D, Canon 50D, Canon 5D Mark II dan Canon 1Ds Mark III sebagai video recorder. Prosesnya mirip dengan proses merekam video dari webcam. Dalam hal ini video merupakan kumpulan foto frame by frame yg dirangkai menjadi satu tanpa menggunakan metode kompresi dalam prosesnya sehingga ukuran output file *.avi nya bisa menjadi sangat besar.

Caranya mudah saja, cukup download softwarenya di sini (bahasa rusia) atau kalau ingin terjemahannya di sini. Pilih versi 0.0.5 seperti pada gambar di bawah ini,



Instal di PC atau Laptop, setelah itu hubungkan kamera via USB dan anda siap untuk mengcapture video dari kamera melalui software yg terinstal di PC atau laptop. Untuk instruksi lebih lengkapnya bisa di baca di sini.

Dan inilah contoh video dengan menggunakan canon EOS 1000D karya Stipe Marinovic.


Sedangkan video dibawah ini merupakan contoh video dengan menggunakan kamera Canon EOS 450D atau Kiss X2 karya Mr Nico,


Selamat bersenang-senang :)

0 comments:

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template