Keris Sakti Mandraguna

Mendengar kata Keris, pikiran orang pasti menerawang kepada hal-hal yang mistik diluar nalar dan akal sehat manusia. Padahal kalau kita mau melihat lebih dalam perihal benda yang satu ini, kita akan menemukan kalau keris merupakan budaya bangsa yang sangat luhur nilainya. Maka tidak aneh kalau seorang Haryono Haryoguritno, seorang sarjana lulusan Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) serta penulis buku "Keris Jawa Antara Mistik dan nalar" , beserta timnya dari perkumpulan penggemar keris yang pernah dipimpinnya, Damartaji, pun berusaha meyakinkan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) agar keris Indonesia diakui dunia sebagai salah satu warisan budaya manusia yang harus dilestarikan. Perjuangan ini berbuah. UNESCO, dalam sidangnya di Paris, 25 November 2005, mengakui keris Indonesia diakui dunia sebagai salah satu warisan budaya manusia yang harus dilestarikan, Oral and Intangible Heritage of Humanity. Bahkan beliau sampai memperjuangkan dan menjadikan ilmu perkerisan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan mengingat teknik dan komposisi pembuatan keris yang sangat kompleks. Bilah keris tidak dibuat dari logam tunggal yang dicor tetapi merupakan campuran berbagai logam yang berlapis-lapis yang biasanya berasal dari meteorit. Bahkan sampai sekarang, akibat campuran logam yang digunakan dalam pembuatan keris zaman dahulu sangat "pas", para ilmuwan masih "kebingungan" dalam mengungkap teknik pembuatan keris tersebut. Akibat teknik pembuatan ini, keris memiliki kekhasan berupa pamor pada bilahnya, yang untuk menghasilkan pamor tersebut biasanya dibutukhan beribu-ribu kali tempaan pada bahan keris sehingga untuk menghasilkan satu keris saja butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya. Mengingat ilmu perkerisan ini sudah dianggap salah satu ilmu tersendiri dalam khasanah keilmuan, maka tidak heran kalau di Yogyakarta ada suatu perguruan tinggi yang membuka jurusan perkerisan di kampusnya.

Bicara lebih jauh tentang "kehebatan" dan ketelitian dalam pembuatan sebuah keris, maka suatu keris yang baik dalam pembuatannya akan memiliki kesetimbangan dalam bilahnya.

Iseng-iseng, kemarin malam, sehabis jam kantor usai, saya bermain-main dengan benda yang bernama keris ini. Kebetulan ada salah seorang teman yang membawa keris lurus kekantor, bukan sebagai barang mistik akan tetapi lebih kepada apresiasi terhadap budaya bangsa. Untuk membuktikan kesetimbangan yang dimiliki keris yang dibawa tadi, teman saya mencoba mendirikan keris tersebut, dan hasilnya...
bisa dilihat pada foto dibawah ini



Berdiri Pada Pegangannya


Berdiri Pada Ujungnya



Jangan pernah berpikiran kalau keris di atas diberdirikan oleh makhluk halus dan sebangsanya. Keris tersebut bisa berdiri dengan tegak murni karena kesetimbangan yang dimilikinya. Jika kita bisa menemukan titik setimbangnya, maka dengan mudah kita pun dapat membuatnya berdiri.

Fantastik bukan?
Maka berbanggalah kita memiliki senjata tradisional yang sangat mengagumkan.

6 comments:

ar!ef said...

Keren juga tuh keris ya, Den.. Mungkin bisa berdiri gitu emang krn seimbang bgt, tapi berarti bikinnya yang pake makhluk halus.. *hehehe

Deni Chan said...

ngga rif, itu emang murni kesetimbangan yang dimiliki keris. Hampir semua keris yang di bikin jaman-jaman dulu bisa berdiri, karena kesetimbangannya. Bikinnya ngga pake makhluk halus kok, tapi emang telaten banget..yang namanya baja itu bisa di lipet lipet ampe 4000 lipetan trus ditempa, makanya butuh waktu yg sangat lama untuk bikinsatu keris.

koeaing! said...

4000 lipetan ? Edan tenan itoe poen...

Anonymous said...

Waduh Pak, keris lu ampuh, gwa biasa ngeliat keris diri dari mata nya udah biasa, tapi blum pernah ngeliat dari pegangannya. Kalo keris baringan loh selalu deh.

ronald said...

ass.. salam kenal saudaraku mohon izin mampir
saya suka berdirikan pusaka ataw benda lain nya ini dia:
http://www.facebook.com/photo.php?pid=328355&l=402d0c9da6&id=100000552521805

JASA PEMBUATAN IJAZAH PALSU said...

ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN

-SMU:4.000.000
-D3:6.000.000
-S1:8.000.000

* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA)

JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL

SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: pembuatanijazah@yahoo.co.id

HUB: +6285736927001.

(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.
Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya


TERIMAKASIH

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template