Make Your Sketch

Ada beberapa teman yang bertanya kepada saya perihal gambar sketsa diri yang saya upload di friendster saya.




Bagaimana saya membuatnya? begitulah pertanyaannya. Apakah menggunakan pensil seperti yang dulu dilakukan "penggambar" jalanan di belakang gramedia Bandung, atau cukup "simsalabim" maka jadilah sketsa itu.

Dulu saya memang "agak" terampil untuk membuat sketsa wajah atau karikatur, tapi seiring dengan berjalannya waktu, karena tidak pernah di asah lagi, hilang sudah keterampilan itu, kecuali hanya sedikit yang tersisa :p. Dulu juga saya memang pernah belajar sulap, tapi tidak "simsalabim" terus "jadi".

Lalu .... "HoW?"
Gimana cara buatnya?

Seperti halnya sulap yang ternyata hanya trik semata, begitupun cara membuat sketsa tersebut, itu hanyalah trik ... trik yang di buat oleh ... Photoshop !!!

Photoshop? "how .. how ?"

Oke untuk menghilangkan rasa penasaran beberapa teman yang suka penasaran akan saya paparkan langkah demi langkah cara membuatnya. Perhatikan baik baik. Jangan berkedip. Jangan beranjak dari tempat duduk anda. Ini bukan sulap, bukan sihir.

1. Siapkan sebuah foto yang akan di jadikan sketsa. Usahakan foto berkualitas tinggi untuk mengurangi noise pada sketsa dan berbackground putih atau tanpa latar belakang . Disini saya menggunakan sebuah foto hasil karya Elisabetta Figus, anda dapat melihat hasil karyanya yang lain di http://m4rea.deviantart.com/.


2. Buka dengan photosop



3. Duplikat layer dengan cara klik kanan pada layer "Background" kemudian pilih "duplicate layer"
Kemudian buat layer hasil duplikasi tersebut menjadi grayscale dengan cara memilih pada menu bar : image>adjustment> desaturate



4. Duplikat layer yang telah dibuat grayscale seperti pada langkah ke tiga, klik kanan pada layer "Background copy" kemudian pilih "duplicate layer".
Inversi layer hasil duplikasi tersebut dengan cara memilih pada menu bar : image>adjustment> invert. Hasilnya akan seperti film foto dari kamera analog.



5. Ubah mode layer yang baru diinversi tadi menjadi Color Dodge (Lihat gambar)
Setelah mode layer tersebut diubah menjadi "Color Dodge", kamu mungkin akan langsung nyeletuk, "Lho gambarnya kemana?" karena tampilan dari layer tersebut akan menjadi putih semua . No problemo bro, memang seharusnya seperti itu :) (Untuk beberapa foto yang kualitasnnya jelek atau komposisinya terlalu kasar atau rame, layer tidak benar-benar putih).



6. Pilih pada menu bar : Filter > Blur > gaussian Blur.
Maka akan muncul dialog box dari Gaussian Blur. Geser properti radiusnya perlahan-lahan sampai terlihat garis-garis dasar yang akan kita jadikan dasar dari sketsa. Di sini saya mengambil nilai 4.2 pixel. Secara sketsa, hasil yang kita peroleh pada tahap ini sudah bisa dikatakan sketsa :).




7. Untuk memperhalus hasil sketsa yang kita buat, gunakan burn tool pada toolbar (lihat gambar). Terus gosokin deh di bagian-bagian yang mau diperhalus. Ini adalah bagian paling sulit, karena kita hanya mengandalkan perasaan dalam pengerjaannya. intinya "Use your feeling".





8. Setelah berpuluh puluh menit atau berjam-jam yang melelahkan :p , jika telaten dan feelingmu bagus maka hasil sketsa akan seperti ini, "VIOLA !!!" :)




keren kan ? just like the real sketch. Jadi ngga usah lagi pergi ke belakang gramedia Bandung, and nyuruh si pembuat sketsa untuk bikinin kita sketsa diri kita. Just make your sketch with your own self (halah !)

Sekarang ngga penasaran lagi kan :)
Semoga bermanfaat.

10 comments:

ericsonfp said...

Nice trick..!!
Saya tiru ya...

Deni Chan said...

silahkan bang...
good luck :)
eh tapi.... emangnya di jepang ada photoshop bajakan son?

ericsonfp said...

Sisa "perjuangan" dari Bandung...

Deni Chan said...

wah tak sia-sia kau kuliah di itb son :))

Anonymous said...

bagus...bagus... tp kok sketsanya lebih keren daripada orangnya yah :-D

Deni Chan said...

@ anonimous
terimakasih atas pujiannya dan atas ketidakjujurannya :p

amircool said...

mohon petunjuknya guru, terutama untuk urusan fotografi, mumpung bisa melanglang ke tempat yang wah, sayangnya tidak ketemu wanita dengan pose ah............ hahahahaha

Deni Chan said...

petunjuk itu ada di dalam hati dan perasaan mu anak muda ... use your sense of art ...

lihaps said...

Thanks to technology...

Tapi, tetep... sketsa goresan tangan manusia meski hasilnya gak bagus2 banget, akan berasa lebih bermakna dalem2 gimana gituh

Apalagi kalo dibuat sendiri dengan tulus, segenap hati dan emosi untuk seseorang yang dikasihi atau sebaliknya (bukan ama abang2 pinggir jalan lhoh!)

Seperti yang sedang kukerjakan saat ini untuk boss yang akan resign, dibuat special with all of respect for me to him
Melow....

Iseng search gambar sketsa muka orang buat referensi nyontek ^__^v
Thanks anyway...!

ical said...

hi sb1!!!!nice job ....

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template