Hati-Hati Makan Buah Import

Kemaren, di stasiun bogor, saya membeli buah apel import dengan marking "washington". Apelnya bagus, merah mengkilap, terlihat segar. Tapi hati-hati dibalik keindahan kulit apel yang menggoda tersebut terdapat lapisan lilin yang "saya rasa" tidak baik untuk dikonsumsi. Lilin? ya lilin. Sebagian buah import, atau mungkin sebagian "besar" buah import, biasanya dilapisi oleh parafin untuk menjaga kesegarannya dan menghindari pembusukan yang cepat. Untuk membuktikannya, permukaan kulit apel yang terlihat segar dan mengkilap tersebut saya kerok dengan menggunakan cutter, dan ternyata lapisan lilinnyapun terkelupas (lihat gambar).


Buah apel yang kulitnya merah mengkilap

Setelah dikerok bagian luar kulitnya terlihat lapisan putih parafin


Bisa dibayangkan apa akibatnya kalau lapisan lilin ini termakan oleh kita? Banyak anjuran untuk mencuci terlenih dahulu buah yang akan dimakan. Tapi jika buahnya berlapis parafin(lilin) tentu mencuci saja tidak cukup. Lantas bagaimana? Cara yang termudah, Kupas saja kulitnya! Tapi sebagian besar manfaat buah buahan justru pada kulitnya, bahkan dalam kulit apel terdapat 12 senyawa kimia yang dapat mencegah kanker.Cara yang sedikit merepotkan adalah dengan merendamnya dalam air mendidih. Tunggu selama kurang lebih 5 menit, jika kulit buah memang dilapisi oleh parafin akan muncul busa putih yang merupakan parafin yang dimaksud. Pisahkan buah dari busa putih tersebut, dan tiriskan. Buah siap dimakan. Atau mau cara yang lebih mudah lagi, beli saja buah lokal langsung dari kebunnya :).

Ternyata tidak hanya buah apel saja, dan tidak hanya buah import dari USA dan CHINA saja, yang dilapisi parafin, hampir sebagian besar buah import dilapisi parafin, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, bahkan buah kurma sekalipun. So .. hati - hati mengkonsumsi buah buahan, maksud hati ingin sehat, malah jadi sakit karena parafin. Lihat tampilan buah tersebut, jika tampilannya sangat menarik, mengkilat bagai lilin, patut dicurigai :). []

4 comments:

phat said...

Waks, lapisan lilinnya tebel banget... >,<

Deni Chan said...

banget path ... tapi lumayan kalo lagi padam lampu, bisa buat lilin :p

mia said...

wah, jadi tau caranya :D trimakasih tipsnya yaaa :D

Deni Chan said...

@ mia

syukur kalo bermanfaat :)

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template