Manual Macro Photografy : Little Buddy

Kalau pada postingan sebelumnya saya menampilkan hasil fotografi makro untuk menangkap water drop atau tetesan air pada rerumputan, maka kali ini saya akan menampilkan beberapa foto hewan-hewan kecil seperti semut, serangga, dan laba-laba yang berhasil ditangkap oleh lensa makro "super" manual :D.

Setingan dan persiapannya hampir sama persis dengan setingan ketika mengambil gambar water drop. Perbedaan yang paling mendasar adalah, sekarang objeknya tidak diam. Sebenarnya pada saat memotret waterdrop objeknya tidak benar-benar diam 100%, ada faktor angin yang menggerakkan rerumputan yang otomatis membuat objek foto ikut bergerak. Akan tetapi pada kasus yang sekarang, objek memiliki kemampuan dan kesadaran untuk bergerak sendiri sekehendak hatinya. Oleh karena itu untuk dapat menangkap moment dengan baik, shuter speed harus dinaikan secepat mungkin dengan cara menaikan nilai ISO (dalam kasus ini saya set ISO ke 800), karena nilai aperture pada fotografi makro "super" manual ini sudah tak dapat diatur lagi (infinity). Memang,dengan mengeset ISO tinggi hasil foto akan terlihat sedikit bernoise, tapi ini lebih baik daripada hasil foto "blur" atau moment tidak didapatkan.


Selain itu karena objek tidak selalu berada dekat dengan permukaan tanah (bisa bergerak kemana saja), kita tidak bisa menggunakan gorillapod yang menempel pada tanah untuk mengurangi getaran. Tapi gorillapod tetap bisa digunakan dengan cara ketiga kakinya ditekankan atau ditempelkan pada dada, pundak, atau leher dengan cara membengkokan kaki-kakinya. Ini benar-benar sangat membantu untuk mengurangi getaran pada saat menekan shuter karena pada fotografi makro "super" manual ini getaran sedikitpun akan mengaburkan hasil foto. Secara sederhana, setingannya dapat digambarkan sebagi berikut :)





Before macro ...

tools: Canon EOS 450D+EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS
object: Habitat si little buddy

Dan inilah hasilnya .....

After macro ...

tools: Canon EOS 450D+ekstension tube(use ring 2&3 only)+lensa zoom Canon EF-S 18-55 mm f/3.5-5.6+gorilapod
object: Little Buddy



1 comments:

phat said...

gorillapod dicantolin ke leher? ide bagus! :D

naha teu kapikiran nyak? ^^

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template