Manual Macro Photography : Water Drop

Menyambung postingan saya sebelumya tentang fotografi makro dengan menggunakan extension tube yang murah meriah dibandingkan harus membeli lensa makro "beneren", di sini saya tampilkan beberapa hasil jepretannya yang lain. Kalau dulu saya hanya sempat mencoba tool ini di dalam ruangan dengan objek seadanya yang kebetulan ada di sekitar meja, kali ini dengan niat bulat berjongkok-jongkok di rerumputan di belakang rumah, mencoba menangkap titik-titik air di rerumputan pada pagi hari. Untuk meminimalkan goyangan kamera pada saat menjepret, saya menggunakan gorillapod, tripod pendek yang kaki-kakinya bisa disesuaikan bentuknya "semau gua." Karena menggunakan extension tube jarak lensa dan objek harus sedekat mungkun, bahkan tak jarang harus hampir menyentuh objek, untuk memotret titik-titik air ini diperlukan kehati-hatian agar lensa tidak menyenggol titik-titik air pada saat memotret. Selain itu harus benar-benar sabar pada saat memfokuskan lensa, karena pemfokusan dilakukan secara manual, pastikan benar-benar fokus pada bagian objek yang diinginkan baru menekan shuter. Berikut adalah hasil jepretannya ..


Before macro ...

tools: Canon EOS 450D+EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS
object: tetes-tetes air di rerumputan pada pagi hari




After Macro ...

tools: Canon EOS 450D+ekstension tube(use ring 2&3 only)+lensa zoom Canon EF-S 18-55 mm f/3.5-5.6+gorilapod
object: tetes-tetes air di rerumputan pada pagi hari


0 comments:

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template