Photosop for Photography (2) : Fresh Tones



Pada bagian kedua dari tutorial Photoshop for Photography (PfP) kali ini, saya akan memaparkan step by step untuk mengedit tones atau warna tertentu pada sebuah foto. Sebagai contoh, saya menggunakan foto rumput dan satu pasang sandal yang diambil dengan menggunakan kamera Canon EOS 450D + Lensa Tamron 17-50/2.8 mm + UV Filter. Pada contoh foto diatas saya akan mengubah tones rumput menjadi lebih "fresh" dan menguatkan warna biru sandal dengan menggunakan satu tool photoshop yang bernama "Selective Color".

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan :

1. Buka file foto pada photoshop.


2. Duplicate layer (klik kanan pada layer background > duplicate layer)


3. Adjust level untuk meningkatkan kualitas foto seperti pada tutoria PfP ( 1) sebelumnya.


4. Tampilkan dialog Selective Color dengan masuk ke menu Image > Adjustments > Selective Color.


5. Pada dialogbox Selecive Color, klik combobox color dan pilih Greens kemudian geser slider dibawah tulisan Yellow kearah kanan, sampai maksimum (100%) . Hal ini dimaksudkan untuk mengubah warna hijau menjadi hijau muda dengan cara memperkuat element warna kuning pada warna hijau di dalam foto.


Kemudian pilih Yellow pada combobox color lalu geser slider dibawah tulisan Yellow kearah kanan, sampai maksimum (100%) dan geser slider dibawah tulisan Black ke arah kiri secukupnya untuk memberikan kesan terang pada elemen warna kuning.


Selanjutnya pilih Blue pada combobox color dan geser slider dibawah tulisan Cyan dan Black ke arah kanan secukupnya sampai dirasa tepat untuk menguatkan warna biru pada sandal.



Setelah itu, klik ok untuk menyelesaikannya.

6. Ulangi langah 4 dan 5 beberapa kali hingga memperoleh warna yang diinginkan.



Pada intinya, dengan menggunakan tool Selective Color kita bisa menguatkan salah satu elemen warna pada foto tanpa mengubah elemen warna lainnya. Pada contoh diatas kita mengubah warna rumput menjadi hijau muda sehingga elemen warna yang kita kuatkan adalah elemen warna hijau dan kuning, pada kasus lainnya semisal foto pemandangan dengan lagit birunya kita bisa menguatkan warna biru dengan menguatkan elemen warna biru dan cyan, begitu juga jika kita ingin mempercantik warna kulit pada foto portrait kita bisa memanipulasi elemen warna merah dan kuning. It's so simple kan :)

0 comments:

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template