Photosop for Photography (1) : Memperkuat Gambar


Pada bagian pertama dari tutorial Photoshop for Photography (PfP) kali ini, saya akan menggambarkan step by step untuk memperkuat gambar hasil foto dengan menggunakan gambar penari yang saya ambil di kraton Yogyakarta pengan menggunakan Canon EOS 450D + Lensa 55-250/3.5-5.6 mm IS + CPL filter pada awal desember tahun lalu. Pada contoh foto di atas foto asli terlihat gelap, kusam dan kurang eyecathing sedangkan foto dibawahnya setelah diedit dengan photosop terlihat lebih cerah dan menarik. Pada tutorial ini kita hanya menggunakan satu tools pada photo shop untuk mmbuat hasil pada foto pertama menjadi seperti pada foto ke dua, tool tersebut bernama, "Levels".

Berikut adalah langkah langkah untuk memperkuat hasil foto dengan tool "levels" pada photoshop:

1. Buka file foto dengan photoshop



2. Duplicate layer dengan cara mengklik kanan pada layer background dan pilih duplicate layer, isi nama layer hasil duplikasi (bebas), kemudian klik OK. Upayakan sebelum mengedit foto selalu melakukan duplikasi layer terlebih dahulu supaya selalu ada back-up ketika gagal mengedit foto atau sebagai pembanding dengan hasil foto editan.



3. Select layer hasil duplikasi . Kemudian masuk ke menu Image > Adjusments > Levels untuk menampilkan menu Level.


4. Setelah dialog Levels muncul, atur slider pada input level hingga menghasilkan hasil yang diinginkan. Input slider terdiri dari 3 slider, geser slider paling kiri ke kanan, ini akan mempertajam foto akan tetapi membuatnya lebih gelap dan menghilangkan detil foto terutama yang berada pada area gelap, sebagai kompensasi geser dua slider berikutnya kekiri, ini akan mempercerah foto tetapi di sisi lain akan membuat foto menjadi lebih pucat. Oleh karenanya dibutuhkan trade off untuk menempatkan ketiga slider tersebut sehingga menghasilkan foto yang memuaskan dan tidak over atau under exposure.


Done.

Sangat simple kan. Pada foto hasil editan di atas memang tampak overexposure pada bagian atap, tapi nanti, pada tutorial berikutnya, insya Allah, akan kita "akali" bagaimana mengatasi bagian yang overexposure tersebut :)

2 comments:

Nico said...

Gileee, tajir bener punya photoshop!!!!
Btw, yg overexposure sebelah mana?dah bagus koq :p

Deni Chan said...

wakakak, di Indonesia semua serba murah Nic, windows, photoshop, corel, 3dmax.. sekeping cd cuma 10 rebu :))

Dari leptop sy keliatan rada OE atepnya, tapi dari PC laen fine fine sajah ternyata :D

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template