Cara Download Video Tutorial Dari Video-Tutes.Com

Ketika saya mencari-cari tutorial tentang Adobe Illustrator di google, saya menemukan situs tutorial yang bagus yang beralamat di http://video-tutes.com/. Situs tersebut menyediakan video tutorial secara online , mirip mirip video tutorialnya mba Linda, bedanya ini Gratis! Situs tersebut menyediakan tutorial-tutorial yang sebagian besar tentang design grafis sepeti Photoshop, Illustrator, Flash, Dreamweaver, 3dsmax, Bryce, dan banyak lagi yang lainnya. Untuk tutorial yang bukan desain grafis, disana ada tutorial tentang MS Word, Acrobat, dan Windows XP.



Kita hanya dapat menonton video tersebut secara online atau streaming, tidak ada link download yang memungkinkan kita untuk membawa video tersebut untuk dipelajari di rumah. Jika koneksi internet kita cepat dan kita ada waktu untuk menonton video tersebut saat itu juga, It's no problem. Masalahnya baru muncul ketika koneksi internet kita lambat atau kita belum/tidak ada waktu untuk menonton video itu saat itu juga. Sehingga terpikir di benak ini untuk mendownload file-file video tersebut.

Akhirnya setelah jumpalitan nyari lewat google cara mendownload file video dari situs tersebut ada beberapa metode yang dibahas, seperti dengan menngunakan addonsnya firefox (Fast Video dan Download Helper), akan tetapi semuanya sudah tidak bisa dipakai lagi. Karena tidak bisa dengan menggunakan kedua addons firefox tersebut akhirnya saya mencoba dengan menggunakan addons firefox lainnya seperti firebugs dan addblock plus , dan tidak bisa juga :p. Akhirnya saya teringat dengan cara mendownload video dari layartancap.com yang pernah saya tulis sebelumnya, yaitu dengan memanfatkan cache-nya firefox . Dan ternyata, saya bisa mendownload file video tersebut :))

Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan untuk mendownload video tutorial dari situs www.video-tutes.com, dengan menggunakan :

1.
Masuk ke halaman video yang ingin kita download dengan menggunakan browser firefox.Di dalam contoh ini saya akan mendownload video tentang membuat font dan outline font pada adobe illustrator cs2, yang memiliki url sebagai berikut:




2. Klik link "Watch This Video Tutorial", untuk me-load tutorialnya. Yang pertama kali akan di load oleh player adalah iklan, selanjutnya kita klik tombol "play tutorial" pada flash player, dan klik video tutorial yang sebenarnya kita inginkan , disini video yang ingin saya lihat adalah "Create & Outline Fonts". Maka flash player akan me-load video yang bersangkutan. tunggu beberapa saat sampai flash player menampilkan video yang kita inginkan.



3. Buka tab baru pada firefox [cltr+tab]. Masuk ke cachenya firefox dengan menuliskan "about:cache" tanpa tanda kutip pada address barnya firefox. Maka akan terlihat tampilan seperti berikut ini:



4. Masuk ke link List Cache Entries pada bagian Disc Cache Device, lalu cari kata-kata "http://www.video-tutes.com/" tanpa tanda kutip yang mengandung file berjenis *.swf ("http://www.video-tutes.com/../..swf") dengan fasilitas pencarian firefox [cltr+F] . Pada pencarian ini kita mungkin akan menemukan lebih dari satu url yang mengandung file *.swf, karena pada saat pertama kali me load video tutorial, flash player juga m-load iklan, selain itu flash playernya sendiri juga berformat swf. Untuk lebih gampangnya cari yang ukurannya paling besar. Atau langsung saja cari url yg depannya, "http://www.video-tutes.com/files/" tanpa tanda kutip.


5.
Terakhir, gunakan download accelerator atau freedownload manager. Kopi dan paste url yang telah didapatkan ke dalam download accelerator atau freedownload manager. Dan .. Download Sepuasnya :)))


*update*


Setelah mendapat pencerahan dari Master Uli, ternyata langkah ke lima tidak perlu kita lakukan, karena sejatinya file cache itu sudah ada di komputer kita. Untuk windows XP dan windows 2000 file cache tersebut terletak di

C:\Documents and Settings\User_Logon_Name\Local Settings\Applicati
on Data\Mozilla\Firefox\Profiles\alpha-numeric.default.default\Cache\


Untuk Windows Vista, biasanya terletak di

%LOCALAPPDATA%\Mozilla\Firefox\Profiles\
alpha-numeric
.default\Cache\


So, kita ngga perlu lagi mendownload file yang bersangkutan, cukup ambil dari komputer kita sendiri. Berikut ini langkah ke lima dan seterusnya yang telah direvisi :)):

5. Setelah kita mendapatkan url file yang kita inginkan pada langkah keempat. Klik kanan pada url tersebut dan pilih "open link in new tab".


6. Pada tab baru yang sudah terbuka kita memperoleh informasi dimana file itu disembunyikan, pada contoh kasus ini ternyata file tersebut terletak di:



C:\Documents and Settings\user\Local Settings\Applicati
on Data\Mozilla\Firefox\Profiles\md762jti.default\Cache\

dengan nama file 7C649611d01

Buka path tersebut dengan menggunakan windows explorer, di folder yang bersangkutan kita akan menemukan file 7C649611d01 tanpa extensi apapun.


7. Kopi file tersebut ke folder lainnya dan beri extensi *.swf dibelakangnya, menjadi 7C649611d01.swf, dan anda mendapatkan file tersebut :)


4 comments:

uli said...

Langkah yang terakhir mestinya ga usah tuh, den. karena file .swf itu sebenernya dah ada di harddisk.

buka directory tempat cache lewat My Computer, disitu bakal ada list file cache tanpa extention. si firefox ini sebenernya nyembunyiin extention dan ukuran file. coba aja drop file cache tadi ke firefox, pasti bisa langsung kebuka.

jangan tertipu ukuran file, karena setelah file tadi di re-name utk tambahin extention, pasti bakal berubah ukurannya, apalagi utk file .swf itu.

begitulah :D

Deni Chan said...

ah .. u 're right bro :)
thk u master :))

bedahurologi said...

help me...
gw coba download free video di http://www.motogp.com

tapi lum pernah berhasil meski dg cara diatas, tolongin gw yah...

pliiiiizzz....

becks

bedahurologi said...

help me...
gw coba download free video di
motogp.com


tapi lum pernah berhasil meski dg cara diatas, tolongin gw yah...

pliiiiizzz.

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template