Photosop for Photography


Beberapa hari yang lalu saya meyempatkan diri ke toko buku gramedia. Setelah melihat-lihat buku terbaru di hall utama, saya beranjak ke rak buku yang menjajakan buku komputer. Di bagian desain grafis saya tertarik dengan buku-buku untuk mengedit foto dengan adobe photoshop. Setelah membolak balik halaman demi halaman, dari satu buku ke buku yang lain, ternyata tidak ada yang memuaskan saya. Kebanyakan berisi tutorial tutorial yang sebenarnya banyak bertebaran diinternet. Selain itu pembahasannya tidak menyeluruh, parsial, dan tidak memberikan arahan yang tepat yang bisa membuat pembacanya dapat menggaplikasikan tutorial tersebut pada kasus yang lainnya.

Dilatar belakangi hal tersebut, rasanya saya ingin berbagi pengalaman saya dalam mengedit hasil foto dimulai dari basic tools photoshop yang biasa digunakan untuk memperkuat kesan sebuah foto, mempertajam foto, mempercantik skin tones, menggunakan masking, membuat foto hdr dari satu file foto, membuat vigneting efek pada foto, sampai (mungkin) digital imaging untuk memanipulasi sebuah foto seperti pada foto di atas. Dengan menguasai tool-tool standard yang biasa digunakan dalam mengedit foto tersebut pembaca dapat dengan mudah mengedit fotonya sesuai keinginan tanpa perlu lagi dibingungkan oleh banyaknya tool di photoshop dan juga tanpa perlu membeli seabreg buku tutorial photoshop. Dengan kata lain, ketika melihat sebuah foto yang indah, dengan instingnya ia dapat menebak tool photoshop apa saja yang digunakan untuk menghasilkan foto tersebut. Tutorial ini saya tujukan untuk para pemula dan yang "merasa" pemula, jadi bagi yang sudah jago silahkan menambahkan atau mengoreksinya :) .

Sebenarnya saya sudah pernah menulis tentang cara memberi dimensi pada sebuah foto di blog ini sebelumnya, namun tidak saya jabarkan secara detil step by stepnya. Untuk tutorial yang ini insya Allah, kalau tidak malas :p, akan saya gambarkan step by stepnya, dan akan saya buat tulisan bersambung.

Sebagai pembuka, ada beberapa tools dalam photoshop yang biasa digunakan untuk meng-enhance sebuah foto, diantaranya :

- Untuk menguatkan gambar dan warna kita bisa menggunakan level, brighnest, contrast dan curve (bisa di akses di image>adjusment>...)
- Untuk mengedit dan mempercantik warna atau skin tones bisa menggunakan color balance, hue/saturation, selective color, etc (bisa di akses di image>adjusment>...).
- Untuk mempertajam gambar bisa menggunakan highpass filter( Filter > Other>High Pass..) dan mode layer Linear Light
- Untuk membuat gambar Black & White (BW) bisa menggunakan Desature (Image>Adjusment>Desature) atau menggunakan chanel mixer (Image>Adjusment> Chanel Mixer) atau menggunakan seleksi chanel RGB.
- Untuk membuat efek gosong seperti yang saya pakai pada tulisan memberi dimensi pada sebuah foto bisa menggunakan burn dan dodge tools pada palete tools.
- Untuk membuat evek vignete pada foto bisa menggunakan lghting efek ( Filter > Render > Lighting Effect) dan layer mask atau menggunakan burn and dodge tools.
- dan lain sebagainya.

Semua tutorial dengan menggunakan tools-tools diatas akan saya paparkan satu demi satu pada tulisan selanjutnya, insya Allah.

2 comments:

angin165 said...

wowowow
keren mantep den, ditunggu pendidikan berikutnya
rikues: kalo bisa GIMP juga dong :P hehe

Deni Chan said...

heheh.. melanjutkan semangat Ki Hajar Dewantara Wind :D. wah GIMP mah kaga ngarti, jarang ngedit2 di linux, linux cuma buat kerja doang :p

Copyright © 2008 - My Lo(v/n)ely Journey - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template